Thursday, March 31, 2016

MENGENALI PENYAKIT JANTUNG

Penyakita jantung adalah penyakit yang berhubungan dengan sistem cardiovaskuler, iaitu organ jantung beserta pembuluh-pembuluh darahnya, contoh sepertiserangan jantung, penyakit koroner, tekan darah tinggi, stroke, sakit di dada (biasa disebut "angina") dan penyakit jantung rekmatik. 

Istilah serangan jantung dikarenakan pembuluh arteri yang tersumbat, yang menghambat penyaluran oksoigen dan nitrisi ke jantung. Stoke disebabkan oleh kurangnya aliran darah yang mengalir ke otak, atau terkadang menyebabkan pendarahan di otak. 

Penyakit jantung memiliki catatan rekor tertinggi penyebab kematian pada orang dewasa di Amerika, setiap tahun tercatat: 

 1. 1.5 juta orang mengalami serangan jantung

 2. 478000 orang meninggal kerana penyakit jantung koroner 

 3. 407000 orang mengalami operasi peralihan 

 4. 300000 orang menjalani angioplasty. 

 Penyakit jantung yang paling banyak diderita orang adalah penyakit jantung koroner. Dalam penyakit jantung koroner, arteri koroner menjadi semakin sempit dan kadang-kadang terblokir. Hal ini menyebabkan darah tidak dapat disalurkan dengan baik ke otot-otot jantung. Awalnya, se penderita mungkin masih dapat bernafas dengan normal dan darah yang mengalir ke otot jantung masih cukup. Namun, ketika dia melakukan aktiviti yang lebih berat seperti berolahraga atau sedang marah, arteri koroner yang menyempit tidak dapat mensupply darah yang cukup ke otot-otot jantung. Padalah, pada saat tersebut, jantung memerlukan darah lebih banyak agar tubuh mendapatkan energi dan oksigen yang cukup untuk melakukan aktiviti tersebut. Akibatnya si penderita bisa jatuh pengsan dan tidak sedarkan diri, dan bahkan bisa meninggal.


Penyakit jantung tidak semuanya disebabkan terganggunya fungsi pembuluh darah, berikut ini adalah beberapa gangguan lain pada organ jantung itu sendiri.1

1. Abnormal Heart Rhythm - Normalnya jantung berdetak 60 sampai 100 kali setiap minit (atau sekitar 100 ribu kali setiap harinya). Jantung yang tidak normal biasanya disebut arryhytmia (sering juga disebut dysrhythmia). Jantung yang berdetak terlalu lambat (dibawah 60 kali perminti) di sebut bradyarrtythmias sedangkan yang berdetak di atas 100 per minit disebut tachyarrhytmias.

2. Heart Failure - Atau gagal jantung merupakan yang paling menakutkan. Bukan bererti jantung tidak dapat bekerja sama sekali, hanya saja jantung tidak berdetak sebagaimana mestinya.

3. Heart Valve Disease - Rosaknya katup jantung. KAtup jantung terdapat pada setiap bilik jantung (jantung kita memiliki 4 buah bilik) yang berfungsi mengatur aliran darah searah menuju jantung.

4. Congenitas Heart Disease - Atau biasa disebut kelainan pada jantung. Menyerang 8 sampai 10 anak dari tiap 1000 kelahiran. Gejala awal biasanya terdeteksi saat kelahiran atau pada masa kanak-kanak. Di Amerika sekitar 500 ribu orang mengalami kelainan jantung pada masa pertumbuhannya dan bertambah sekitar 20 ribu orang tiap tahunnya.

5. Cardiomyopathies - Menyerang pada otot jantung itu sendiri. Orang-orang yang terserang penyakit ini biasanya mengalami pembesaran, pengecilan jantung secara tidak normal dan atau bahkan menjadi kaku. Menyebabkan jantung memompa secara tidak normal (menjadi lebih lemah). Tanpa penanganan yang baik cardiomyopathies akan menyebabkan penyakit yang lebih buruk seperti gagal jantung atau menyebabkan jantung berdetak tidak normal.

6. Pericarditis - Adalah radang yang mengelilingi lapisan jantung. Jarang terjadi, biasanya disebabkan oleh infeksi.


Gejala Penyakit Jantung

Serangan jantung merupakan puncak bencara dari sebuah proses kerusakan yang berlangsung lam, yang sering melibatkan kejutan-kejutan emosional, kekacauanfisiologis dan kelelahan mental.Tanda-tanda peringatan dini begitu subjektif dan begitu tersamar sehingga bahkan doktor yang terlatih untuk mengukur segala sesuatu secara objektif masih bisa mengabaikannya.

Sejumlah keluhan fisik yang patut di waspadai sebagai gejala penyakit jantung adalah:

1. Nyeri dada

2. Berdebar-debar

3. cepat letih

4. sesak nafas

5. ada riwayat sering pengsan

6. Sesak bila tidur terlentang

7. Beberapa organ tubuh membiru

8. Serta perut dan bahagian kaki membengkak

9. Gejala lain yang dialami ketika seseorang terserang penyakit adalah rasa nyeri yang hebat pada bahagian dada yang disertai muntah. Rasa tertekan atau seperti ditimpa bebas, sakit, terjepit, diperas dan terbakar di bahagian dada dapat menjalar ke lengan kiri, leher dan punggung.

Faktor-faktor penyebab penyakit jantung.

Penyakit jantung dapat disebabkan oleh banyak faktor di mana gaya hidup merupakan faktor utama yang menyebabkan kita rentan terhadap penyakit jantung. Merokok, diabetes, mengkonsumsi makanan berkolestrol tinggi, kurang gerak, malas berolah raga, stress dan kurang istirihat adalah beberapa faktor pemicu serangan jantung. Namun ada beberapa faktor yang memang tidak dapat diubah, seperti bertambahnyaumur atau faktor keturunan.

10 anggapan salah tentang penyakit jantung


  1. Penyakit jantung hanya terjadi orang gemuk sahaja
  2. Penyakit jantung tidak bisa pada anak atau orang muda
  3. Wanita terbebas dari penyakit jantung
  4. Penyakit jantung hanya satu macam
  5. Jantungnye seha, tak mungkin bisa jantung
  6. Tidak ada hubungan dengan serangan stroke
  7. Penyakit jantung hanya merupakan penyakit keturunan
  8. Penyakit jantung tidak dapat dicegah
  9. Terkena penyakit jantung sebab sering dikagetkan
  10. Penyakit jantung muncul sebab sering mengconsumsi menu jantung pisang.




No comments: