Thursday, July 2, 2015

MANFAAT CUKA EPAL BAGI KESEHATAN

Cuka apel merupakan olahan yang terbuat dari bahan buah apel segar dengan cara pembuatannya yang cukup mudah. Manfaat cuka apel cukup banyak bagi kesehatan tubuh.

Adapun cara membuatnya yaitu, pertama-tama siapkan beberapa buah apel segar, lalu cuci hingga bersih dan bebas dari pestisida. Setelah itu, buah apel dipotong-potong dengan ukuran sedang dan tanpa dikupas kulit buahnya. Selanjutnya, simpan potongan buah apel kedalam wadah kaca yang diberi tutup dengan kain katun, ini bertujuan agar tidak terjadi suatu reaksi terhadap cuka apel yang sedang anda buat. Kemudian simpan di dalam ruangan yang terlindung dan diamkan selama satu minggu, lalu cuka apel pun siap dikonsumsi.


7 Manfaat Cuka Apel

Nah, itulah cara pembuatan cuka apel sendiri. Lalu apa manfaatnya jika kita konsumsi? Berikut ini beberapa manfaat cuka apel untuk tubuh kita, diantaranya yaitu :
Manfaat Cuka Apel
  1. Membantu menurunkan berat badan
Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, anda dapat mengkonsumsi cuka apel untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, mengkonsumsi cuka apel dapat mengontrol nafsu makan dengan baik, sehingga perut tidak akan mudah lapar.
  1. Dapat mengobati diare
Mengkonsumsi cuka apel juga ternyata dapat mengobati diare, caranya yaitu dengan mencampur cuka apel dan diberi tambahan air putih. Setelah itu, minum cuka apel secara rutin 2 kali sehari sampai diare sembuh. Cuka apel sangat aman jika dikonsumsi dalam jangka panjang, ini dikarenakan bahan ini merupakan antibiotic alami yang aman dan berkhasiat.
  1. Mempercepat penyembuhan luka
Cuka apel dapat dijadikan sebagai obat luka yang sangat berkhasiat, selain dapat mempercepat masa penyembuhan pada luka juga dapat mengurangi rasa gatal pada luka. Caranya yaitu, bersihkan luka dengan air hangat, lalu oleskan cuka apel pada bagian tubuh yang luka dengan menggunakan kapas. Diamkan sampai kering dan lakukan pengobatan ini 2 kali sehari.
  1. Menjaga kesehatan rambut
Caranya yaitu: Siapkan satu sendok makan cuka apel dan secangkir air dingin, lalu oleskan secara merata pada kulit kepala sambil dipijit lembut. Setelah itu, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.
  1. Melancarkan sistem pencernaan
Caranya yaitu dengan menyeduh 1 sendok teh cuka apel dan 1 sendok teh madu murni dengan secangkir air hangat. Setelah itu, minum secara rutin dan teratur 30 menit sebelum makan.
  1. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi
Kandungan kalium di dalam cuka apel cukup tinggi, sehingga sangat berkhasiat untuk membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi (Hipertensi)
Caranya yaitu sama dengan cara melancarkan sistem pencernaan.
  1. Untuk perawatan kulit wajah
Caranya yaitu mencampurkan cuka apel dengan air, lalu oleskan pada kulit wajah. Cara ini dapat membuat kulit wajah tampak bersih, lembut dan bersinar.
Demikianlah informasi mengenai manfaat cuka apel, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

No comments: