Wednesday, October 11, 2017

6 CARA MENJAGA SENDI TETAP KUAT

Akitiviti sehari-hari mungkin menjadi terbatas apabila Anda memiliki masalah sendi dan harus berurusan dengan tekanan berat pada sendi. Sebelum Anda mengikuti beberapa tips untuk menjaga kesehatan sendi, kenali cara kerja sendi dalam tubuh.
Sendi itu terbuat dari apa?
Sendi dapat dikatakan sebagai penghubung tulang, seperti lutut, pinggul, dan bahu. Tendon, otot, dan tulang rawan (kartilago) mengikat tulang bersama-sama agar dapat bergerak dengan lancar. Biasanya, kegiatan fizikal dapat meningkatkan risiko kerusakan sendi. Ketika Anda sudah lanjut usia, kartilago mulai haus dan menjadi kasar. Seiring berjalannya waktu, kerusakan pada kartilago dapat menyebabkan osteoarthritis.
Tips untuk menjaga kesehatan sendi
Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda cuba untuk menjaga kesehatan sendi:
Tetap berhati-hati
Anda dianjurkan untuk menggunakan padding atau bantalan ketika melakukan senaman berat. Pelindung sendi juga berguna untuk mencegah cedera pada sendi Anda.

Jangan abaikan pemanasan
Banyak atlet profesional dan doctor yang setuju akan pentingnya pemanasan sebelum bersukan @ beriadah. Lakukan pemanasan tubuh sebelum latihan agar tubuh dapat beradaptasi dengan gerakan. Pemanasan dapat dilakukan sekitar 5-10 menit sebelum aktiviti.
Foto Tips Sendi Sihat - AkuaRiz.
Hindari duduk dan berdiri terlalu lama
Duduk atau berdiri di atas kaki sepanjang hari berbahaya bagi sendi Anda. Duduk atau berdiri untuk waktu yang lama akan membuat sendi Anda “terkunci” dalam posisinya. Duduk terlalu lama akan memberi tekanan pada tulang belakang dan pinggul, sementara berdiri akan memengaruhi sendi di pinggul, lutut, pergelangan kaki dan kaki.
Menjaga berat badan ideal
Memiliki berat badan ideal tidak hanya membuat tubuh terlihat seimbang, tetapi juga mengurangi tekanan pada sendi. Setiap kilogram kenaikan berat badan akan memberi lebih banyak tekanan pada sendi Anda. Jika Anda mengalami obesiti, Anda dianjurkan untuk menurunkan berat badan untuk mengurangi tekanan pada sendi dan memungkinkan Anda untuk bergerak lebih bebas. Satu kajian menunjukkan bahwa Anda dapat mengurangi risiko osteoarthritis lutut hingga 50% hanya dengan mengurangi 5 kg dari berat badan
Membentuk tulang yang kuat
Jangan lupa bahawa kalsium dan vitamin D juga berperanan penting dalam meningkatkan kesehatan sendi Anda. Makanan yang kaya mineral sangat penting untuk membantu tulang Anda menjadi lebih kuat sekaligus menurunkan risiko osteoporosis. Kalsium dan vitamin D dengan mudah ditemukan pada produk susu, yoghurt, brokoli, buah ara, salmon, dll. Selain itu, Anda juga boleh mendapatkan suplemen kalsium dari Doktor.
Masukkan makanan sihat dalam menu harian
Makan sayur dan buah-buahan dalam diet harian Anda merupakan cara yang baik agar tubuh dapat menyerap berbagai nutrisi secara optimal. Anda dapat menambahkan hirisan seledri dan carrot, brokoli, cili dan potongan timun ke dalam makanan Anda.
Sendi yang sihat akan memungkinkan Anda untuk bergerak lebih aktif. Jika Anda mengalami masalah pada sendi, segera makan supplemen yang semulajadi(Pastikan yang ada kajian *SAINTIFIK*) @ temui doktor untuk rawatan lanjut.

No comments: