Monday, January 7, 2013

CARA CEPAT HAMIL DENGAN CHECK PRA KEHAMILAN


cara cepat hamil dengan melakukan check kesehatanMerencanakan kehamilan dibutuhkan diskusi antara pasangan suami istri. Karenanya hal yang perlu diupayakan bersama-sama adalah perlunya dilakukannya medical check up sebelum proses kehamilan.

Pre-Pregnancy Check Up atau Pemeriksaan sebelum kehamilan diperlukan sebagai langkah pertama yang penting dilakukan bila pasangan sedang mempersiapkan kehamilan. Pada sebagian pasangan check up kesehatan pra kehamilan menjadi salah satu menu wajib dalam menjalani kehidupan rumah tangga. 


Pentingnya melakukan Check up Pra kehamilan ini, adalah dapat mencegah terjadinya kelainan dan ketidaknormalan pada janin ibu hamil nantinya. Karenanya kesehatan ibu hamil sangat penting  terutama mengenai kesehatan bayi yang dikandungnya. Sehingga apabila medical check-up pra kehamilan dilakukan dan diketemukan suatu kelaiaan, maka kondisi ini bisa diperbaiki terlebih dulu sehingga pada saat hamil, kesehatan ibu dan anak berada dalam keadaan yang cukup baik. Dengan demikian bila ibunya sehat, maka bayinya yang dikandungnya juga bisa dipastikan sehat. Selain hal itu dengan diketahuinya masalah sejak dini, maka proses dan usaha untuk mencapai kehamilan bisa menjadi lebih cepat dan mudah.

Lalu tes apa saja sih tujuan medical check up pra kehamilan? Ya, check kesehatan pra kehamilan diperlukan dan bertujuan untuk mengevaluasi kondisi kesehatan ibu dan pasangan. Nanti dalam check up tersebut akan diketahui kondisi kesehatan baik istri maupun suami termasuk gaya hidupnya. Inilah beberapa hal yang akan dilakukan dalam medical check-up :
  • Tes Riwayat Kesehatan Keluarga
    Nah check pra kehamilan ini dimulai dari cek golongan darah, rhesus, penyakit-penyakit yang pernah diderita, dan kelainan-kelainan bawaan (jika ada) yang dialami pasangan maupun anggota keluarganya. Bila ditemukan adanya penyakit seperti epilepsi, diabetes, dan tekanan darah tinggi, maka dokter akan melakukan perawatan khusus pada ibu selama menjalani kehamilan. Demikian juga dengan adanya kelainan-kelainan bawaan, dokter akan melakukan tes lanjutan untuk melihat kemungkinan menurun tidaknya pada sang calon janin.

  • Kondisi Kesehatan Pasangan
    Nah, bagi yang terlalu gemuk atau atau terlalu kurus sebaiknya melakukan diet khusus. Tes alat reproduksi calon ibu dan pasangannya/ suami, cek kondisi rahim, indung telur, saluran telur, apakah bebas dari myom dan sejenisnya. Cek kualitas sel telur yang siap untuk dibuahi, kualitas dan pergerakan serma yang memungkinan untuk terjadinya pembuahan.

  • Teliti Obat-Obatan yang Sedang Dikonsumsi
    Nah, bagi calon ibu yang sering mengkonsumsi obat-obatan atau suplemen sebaiknya segera utarakan kepada dokter Anda. Siapa tahu obat-obatan atau supplemen yang dikonsumsi secara rutin oleh calon ibu /suaminya yang dianggap berbahaya bagi sang calon bayi. Jangan khawati, biasanya dokter Anda akan meresepkan obat altenatif yang lebih aman untuk dikonsumsi.

  • Lakukan Vaksinasi
    Penyakit Torch biasanya menghinggapi beberapa wanita yang kesulitan untuk hamil. Lakuakn pemeriksaan tes darah untuk melihat kemungkinan terinfeksinya Torch sehubungan dengan hewan peliharaan, atau kebiasaan makan sayuran/daging mentah, memakan steak setengah matang,  bahkan daging atau ikan mentah. Nah, bagi yang menginginkan suatu cara cepat hamil, pasangan perlu dipastikan terbebas dari virus ini.  Jika diperlukan vaksinasi, maka dokter akan melakukannya minimal satu bulan sebelum dipersiapkannya kehamilan.

No comments: