Sunday, November 27, 2016

11 MAKANAN YANG MENGANDUNGI ESTROGEN DAN MANAFAATNYA

Estrogen adalah salah satu jenis hormon yang diproduksi oleh tubuh dan paling sering dikaitkan sebagai hormon untuk wanita. Sebenarnya pria dan wanita memiliki kadar hormon estrogen dalam tubuh. Namun kadar estrogen untuk wanita lebih tinggi daripada pria. Estrogen juga menjadi hormon seks untuk wanita yang mempengaruhi beberapa hal seperti siklus menstruasi, suasana hati dan pikiran, fungsi reproduksi dan juga kehamilan. Kekurangan atau kelebihan hormon estrogen akan memiliki dampak yang sangat serius untuk tubuh.

Salah satu gangguan yang paling sering terjadi pada wanita adalah masalah ketidakseimbangan hormon estrogen. Terlalu tinggi hormon estrogen atau terlalu rendah akan memiliki dampak pada masalah kesehatan dimasa depan. Namun sebenarnya estrogen bisa ditemukan secara alami pada makanan. Jadi Anda bisa menambah konsumsi makanan yang mengandung estrogen atau menguranginya jika memiliki kadar berlebihan. Berikut ini adalah daftar makanan yang mengandung estrogen.


  1. Tahu dan Tempe
Tempe dan tahu menjadi makanan olahan kedelai yang bisa didapatkan dengan mudah dengan harga yang terjangkau. Tempe dan tahu yang diolah dari bahan kedelai mengandung estrogen (golongan fitoestrogen berupa isoflavonoid) yang tidak kehilangan kadarnya selama proses fermentasi. Tahu dan tempe bisa menjadi makanan pengganti daging karena mengandung jumlah protein yang sangat tinggi.
Manfaat mengkonsumsi tahu dan tempe setidaknya dua kali dalam seminggu adalah:
  • Mengandung serat yang sangat baik untuk membuat pencernaan menjadi lancar.
  • Mengandung enzim phytates yang bisa membuat tubuh mudah menyerap zat besi, kalsium dan tembaga.
  • Sumber antibiotik alami yang sangat baik untuk mencegah diare.
  • Kandungan protein dan serat dalam tempe dan tahu bisa mencegah tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes.
  1. Produk Buah Kering (Plum, Aprikot, Kurma)

Produk buah kering seperti plum, aprikot dan kurma bisa menyeimbangkan kadar estrogen dalam tubuh. Buah yang kering ini memiliki rasa yang sangat manis dan bisa menjadi camilan yang sangat sehat untuk tubuh. Semua buah ini mengandung fitoestrogen yang bisa memiliki fungsi seperti estrogen di dalam tubuh.
Manfaat makan buah kering secara teratur adalah:
  • Mengandung serat yang bisa mengikat lemak dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat saluran sekresi.
  • Menurunkan kolesterol sehingga bisa mencegah penyakit jantung, diabetes dan stroke.
  • Mengandung kalium yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, mengatur tekanan darah dan menurunkan resiko penyakit tekanan darah tinggi.
  • Mengandung fitonutrien dan karotenoid yang bisa bertindak sebagai antioksidan untuk memerangi radikal bebas.
  1. Buncis
Buncis mengandung fitoestrogen yang bisa diterima oleh tubuh dengan reaksi sama seperti estrogen. Buncis harus dimasak dahulu sebelum dimakan. Buncis memiliki warna hijau alami dan rasa yang sangat manis ketika sudah dimasak. Anda bisa makan buncis untuk meningkatkan estrogen di dalam tubuh.
Manfaat makan buncis secara teratur adalah:
  • Mengandung serat larut dan tidak larut yang sangat baik untuk mencegah sembelit dan wasir.
  • Mengandung protein yang bisa menurunkan kadar lemak jenuh dalam tubuh.
  • Mengandung mineral mangan yang penting untuk mempertahankan antioksidan dalam tubuh.
  • Kandungan zat besi dalam buncis sangat baik untuk wanita hamil dan menyusui karena bisa mencegah anemia dan mendukung metabolisme pertumbuhan janin.

No comments: